Rabu, 13 September 2017

Tips-tips membuat Nastar Lembut dan lumer


Bagi anda yang suka membuat nastar tapi hasilnya tidak terlalu maksimal, kurang lembut dan taste-nya juga agak mengecewakan. Kali ini Nyonya Rasa akan membagikan beberapa tips dalam membuat kue Nastar, yang mudah-mudahan akan bermanfaat bagi anda semua.

Tips untuk menghindari kue menjadi mengeras : 
Tidak mengocok mentega/butter terlalu lama, karena nastar bukan jenis kue yang harus mengembang berlebihan.
Aduklah adonan dengan menggunakan spatula dan tidak langsung menggunakan tangan, panas tubuh kita akan membuat butter/mentega menjadi mencair.
Terlalu sering menyentuh adonan saat proses mencetaknya akan membuat kue menjadi keras.
Agar ukuran kue sama, adonan selai dibentuk bola-bola terlebih dahulu, sisihkan. Kemudian gilas adonan kue hingga ketebalannya sesuai dengan yang diinginkan dan cetak dengan gelas. Buat satu kue dulu sebagai contoh dan jadikan contoh tersebut untuk mengerjakan semua adonan. 
Gunakan gula halus dan bukan gula pasir. Anda bisa membeli gula halus kiloan di toko bahan kue atau haluskan gula dengan menggunakan blender hingga menjadi tepung. Awas jangan tertukar antara gula halus dengan gula icing.
Keluarkan kue sedikit demi sedikit saat mencetak, simpan sisa adonan di dalam kulkas dengan menggunakan plastik wrap agar mentega tidak meleleh.
Untuk menghindari retak nastar: 
Jangan memanggang adonan dengan suhu terlalu tinggi. Set oven di suhu 150'C - 160'C.
Kulit nastar tidak boleh terlalu tipis atau isian selai jangan terlalu besar.

Tips mengoles kuning telur:  
Untuk mengoles permukaan kue, saya menggunakan bubuk pengoles merk Ovex yang saya beli di toko bahan kue. Bubuk ini ketika diencerkan dengan air akan mengental sama seperti kuning telur. Anda bisa menggunakan kuning telur yang dicampur madu seperti resep di bawah, supaya warnannya kuning cantik maka beri beberapa tetes pewarna kuning tua.
Pertama, panggang kue hingga setengah matang, dan permukaan agak kering kemudian keluarkan dan olesi permukaannya dengan pengoles dan panggang kembali hingga nastar matang.
Tips lainnya:
Gunakan butter/mentega yang berkualitas baik karena mentega ini sangat menentukan rasa si kue. Anda tidak akan menyesal dengan hasilnya walaupun harus mengeluarkan ongkos sedikit lebih banyak. Merk yang umum digunakan untuk kue ini adalah Wijsman, Hollman Butter atau Golden Churn.
Beberapa pembaca mencoba merubah komposisi butter dan margarine di resep di bawah menjadi margarine 150 gram dan butter 100 gram, tujuannya untuk menghindari nastar menjadi mekar jumbo dan gepeng kala dipanggang. 
Demikianlah beberapa tips dari kami, semoga bermanfaat dan selamat mencoba..Happy Baking..

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nyonya Rasa Traditional Cake And Cookies Template by Ipietoon Cute Blog Design